Tips Membuat Password yang Baik dan Kuat

Akhir-akhir ini banyak diberitakan diberbagai media massa tentang munculnya para Hacker yang dapat membobol PasswordVirus Pembobol Password. Password sebagai sarana kunci pembuka untuk memasuki akun pribadi, udah pasti merupakan suatu hal yang sangat vital, apalagi setiap kita terhubung ke dunia internet pasti pernah berurusan dengan yang namanya password.

Membuat password yang baik, kuat dan sekaligus mudah diingat tidaklah mudah, terlebih lagi jika kita memiliki banyak akun seperti facebook, email, blog dan sebagainya. Nah agar keamanan lebih terjamin, maka kita harus lebih memperhatikan masalah password yang bagi sebagian orang dipandang sebagai hal yang remeh, kebanyakan dari kita malah membuat pasword yang terkesan asal-asalan, bahkan banyak yang lupa pasword yang dibuatnya sendiri.

Ada berbagai tips untuk membuat password yang kuat termasuk software untuk membuatnya pun banyak bertebaran di internet. Tetapi jika dihasilkan dari software, maka biasanya akan ditampilkan secara acak. Jadi meskipun kuat, tetapi sulit diingat. University of Wyoming menyarankan agar pengguna internet memperlakukan sebuah password layaknya -maaf- pakaian dalam yang kita miliki yaitu;

1. Sesering mungkin diganti/diubah; itu dilakukan kalo emang passwordnya ga' begitu kuat (hanya memenuhi batas min karakter 7-8 saja)
2. Semakin panjang maka semakin baik;
3. Jangan dibiarkan terbuka begitu saja;
4. Jangan dibagi/dipinjamkan ke orang lain;
5. Pertahankan agar tetap misterius.

Berikut ada beberapa tips dari Symantec terkait pembuatan sebuah paswword.
  1. Jangan gunakan kode yang mudah ditebak seperti nama pribadi, nama hewan peliharaan atau nama keluarga, maupun tanggal lahir, karena biasanya program password cracker sudah mempunyai atau menyiapkan database kata-kata tersebut.
  2. Gunakan password berbeda untuk akun yang berbeda, atau setidaknya beberapa password.
  3. Gunakan perpaduan atau kombinasi antara angka, huruf, pungtuasi dan simbol. Huruf abjad adalah karakter a,b,c… z dan A,B,C…Z, angka merupakan bilangan 0,1,2,3..9 dan simbol adalah huruf selain abjad dan bilangan, seperti #$%^&*(&:”./{}
  4. Gunakan kata atau kalimat yang cukup berarti sehingga mudah diingat dengan memperhatikan ketentuan seperti nomor 1.
  5. Ganti beberapa karakter di password anda dengan huruf atau simbol.
  6. Semakin panjang maka password akan semakin kuat dan sulit direka.
  7. Hindari menggunakan password dengan informasi personal, pengulangan kata, berurutan, atau kata yang berasal dari kamus.
Selain itu ada beberapa tips lain yang perlu diperhatikan ketika membuat password
  1. Hindari membuat password dengan huruf-huruf yang urut, misalnya “123456789″, “33333″, “HACKCENTER” atau “abcdef” dan sebagainya
  2. Hindari password yang hanya mengubah huruf yang mirip angka saja. Misalnya mempunyai nama agus, dan membuat pasword “46u5″ maka ini akan lebih mudah ditebak. “Password” diubah menjadi “P4ssw0rd”. Sebaiknya digunakan kombinasi panjang dan tambahan komponen lainnya
Bagaimana untuk mengecek apakah password kita lemah, sedang atau kuat ?

Saat kita membuat account, biasanya sudah disediakan informasi kekuatan password kita, misalnya di yahoo, google, wordpress dan lainnya. Alternatif lainnya bisa menggunakan fasilitas Password Checker, yang merupakan fasilitas untuk mengetahui seberapa kuat password yang dituliskan.

This entry was posted in by Olvandra. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Silahkan Tulis Komentar Anda, Sopan dan Berwibawa